Teori - Teori Budaya

 

Penulis

Nama : Muhammad Fadhlan Aqila

NPM   : 50420816

Kelas  : 1IA07

Pendahuluan 

1.1 Latar Belakang

Pengertian budaya dan kebudayaan pada hakikatnya adalah sama yaitu hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Dalam kajian Antropologi, budaya dianggap merupakan singkatan dari kebudayaan sehingga tidak ada perbedaan berdasarkan definisinya. Namun, berdasarkan penelusuran dari berbagai literatur  ada beberapa pengertian budaya dan kebudayaan. 

Dalam bahasa Inggris, budaya dan kebudayaan disebut culture, yang secara etimologi berasal dari kata Latin Colere, yang artinya mengolah atau mengerjakan. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai “kultur” dalam bahasa Indonesia yang memiliki arti sama dengan kebudayaan. Maka dari itu, penelitian ini untuk mengetahui apa arti budaya menurut pandangan para ahli dan penulis

1.2 Rumusan Masalah

1. Apa pengertian budaya menurut para ahli
2. Budaya menurut pandangan penulis

1.3 Tujuan

1. Dapat mengetahui teori  - teori budaya
2. Dapat mengerti apa itu budaya


Pembahasan

2.1  Pengertian Budaya Menurut Para Ahli

Beberapa teori - teori pengertian budaya menurut para ahli

1. Koentjaraningrat

Pengertian budaya menurut Koentjaraningrat adalah keseluruhan perilaku dari manusia dan hasil yang diperoleh melalui proses belajar dan segalanya tersusun dalam kehidupan masyarakat.

2. Edward Burnett Taylor

Dalam bukunya “Primmitive Culture”, Taylor menjelaskan bahwa pengertian budaya merupakan keseluruhan yang kompleks dan rumit, dimana didalamnya terkandung ilmu pengetahuan, kepercayaan, kesenian, hukum, moral, adat-istiadat, maupun kemampuan lainnya. Serta kebiasaan-kebiasaan yang diperoleh dari manusia dalam kehidupan dan posisinya sebagai anggota masyarakat.

3. Ki Hajar Dewantara

Menurut Ki Hajar Dewantara, budaya merupakan suatu hasil dari perjuangan masyarakat terhadap alam dan juga terhadap zaman yang mana membuktikan suatu kemakmuran serta kejayaan dari kehidupan masyarakat pada saat menghadapi suatu kondisi yang sulit dan rintangan untuk bisa mencapai suatu kemakmuran serta kebahagiaan dalam kehidupan.

4. Linton

Lintoh berpendapat bahwa pengertian budaya yaitu sikap pola dan pengetahuan yang mana menjadi kebiasaan untuk dilakukan yang di peroleh dari warisan suatu anggota masyarakat secara keseluruhan.

5. Branislaw Malinowski

Sedangkan Branislaw Malinowski mengemukakan bahwa pengertian budaya adalah kesatuan unit terorganisir yang terbagi ke dalam dua aspek fundamental, yaitu seperangkat artefak dan sistem adat istiadat.



2.2 Budaya menurut pandangan penulis

Konsep budaya yang dimaknai oleh para ahli bisa disimpulkan bahwa budaya itu adalah suatu hasil dari tindakan ataupun perilaku yang dilakukan dalam berbagai aspek kehidupan atau bisa kita sebut kebiasaan rutinitas.

Budaya itu tidak dapat berdiri sendiri ada beberapa unsur - unsur yang menyusun terciptanya budaya yaitu bahasa, agama atau kepercayaan, pengetahuan, kesenian, lingkungan, dan lain -lain. Budaya juga mempunyai fungsi sebagai identitas, batas - batas, perilaku dan sikap, komitmen, dan media komunikasi. 

Budaya menurut saya adalah suatu tradisi atau adat istiadat dari daerah asal yang diturunkan dari generasi dulu ke generasi sekarang.



Penutup

3.1 Kesimpulan

Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang, dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang, dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. Bahasa, sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya, dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, peristiwa itu membuktikan bahwa kita harus mengenal budaya atau mempelajari budaya.



3.2 Daftar Pustaka












Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagu - Lagu Betawi

Seni Lukis Betawi